Crypto News

Tesla Jual Saham Bitcoinnya, Elon Musk: Saya Belum Menjual Bitcoin Milik Saya


Kanalcoin.com – Baru-baru ini, Elon Musk mengunggah cuitan tentang kepastian bahwa ia belum menjual satupun Bitcoin yang ia miliki.

Cuitan Elon Musk ini menjawab pertanyaan yang diajukan oleh seorang komedian, Dave Portnoy. Portnoy mempertanyakan apakah Elon Musk kini tengah melakukan skema pump and dump, sebutan untuk teknik manipulasi sentimen dalam pasar aset crypto.

“Jadi apa pemahaman saya benar? @elonmusk membeli #bitcoin. Lalu dia memompanya naik. Setelah naik, kemudian ia menjualnya dan mengambil banyak keuntungan,” tulis Portnoy dalam akun Twitter pribadinya seperti yang dikutip Kanalcoin.com dari Cointelegraph.

“Dengar, saya punya 1 #bitcoin, tapi #bitcoin rupanya persis seperti yang kita kira. Saya cuma tak mau jadi orang terakhir yang melakukan #HODLing,” lanjut Portnoy dalam akunnya yang bernama @stoolpresidente.

Elon Musk segera menanggapi pertanyaan tersebut dengan cuitannya. Musk berusaha untuk mengklarifikasi apa yang disampaikan oleh Portnoy. CEO Tesla itu menyebut kalau dirinya belum menjual BTC pribadi miliknya.

Sementara itu, penjualan BTC oleh Tesla sebanyak 10 persen dipahami sebagai pembuktian likuiditas dari mata uang kripto terpopuler di dunia tersebut.

“Tidak seperti itu. Saya belum menjual satupun Bitcoin saya. Tesla menjual 10% dari sahamnya justru untuk membuktikan likuiditas Bitcoin sebagai sebuah alternatif dari penyimpangan uang tunai dalam neraca keuangan,” tulis Musk melalui akun Twitternya bernama @elonmusk.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Tesla baru saja menjual sebagian sahamnya dalam bentuk Bitcoin pada kuartal pertama 2021. Penjualan tersebut menciptakan keuntungan luar biasa, yakni mencapai $272 juta atau setara dengan Rp3,9 triliun.

Langkah inilah yang kemudian membuat keputusan Elon Musk sebagai CEO Tesla mulai dipertanyakan. Pada Februari tahun ini, Tesla memang mengumumkan bahwa perusahaan tersebut mulai menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin alih-alih dengan uang tunai.

Bersamaan dengan itu, Tesla telah mengangkat naik pasar aset crypto setelah mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah melakukan akuisisi strategis Bitcoin senilai $1,5 miliar atau setara dengan Rp21,7 triliun. Angka tersebut merupakan 7,7% dari total kepemilikan uang tunai Tesla saat itu.

Biasanya Elon Musk tak banyak berkomentar soal berapa Bitcoin yang ia pegang sekarang dalam kepemilikan pribadinya. Namun, cuitan terakhirnya mengindikasikan bahwa Elon Musk merasa enggan untuk menjualnya.

Saat berita ini ditulis, BTC telah mengalami kenaikan sebesar 2,01% dengan nilai Rp809.550.000.

(*)





Source link