NBA Top Shot Makin Mendunia
NFT

NBA Top Shot Makin Mendunia, Michael Jordan dan Will Smith Ikut Setor Dana


NBA Top Shot Makin Mendunia

Kanalcoin.com – Legenda bola basket dunia, Michael Jordan, dan aktor kenamaan Hollywood, Will Smith, dikabarkan ikut menyetorkan dana untuk berinvestasi pada non-fungible token (NFT) para pecinta bola basket di seluruh dunia, NBA Top Shot.

Dilansir Kanalcoin.com dari Cointelegraph, perusahaan yang mengeluarkan NBA Top Shot, Dapper Labs, dikabarkan telah mendapatkan suntikan dana sebesar $305 juta atau sekitar Rp4,45 triliun dari investor baru.

Menurut laporan dari Business Insider yang dikutip Kanalcoin.com dari Cointelegraph, dana sebesar itu didapatkan Dapper Labs dari beberapa investor. Setidaknya ada tiga bintang NBA yang ikut menjadi investor baru, yakni Michael Jordan, Alex Caruso, dan Kevin Durant.

Selain itu, ada juga perusahaan The Chernin Group yang ikut menyetor dana untuk meningkatkan NBA Top Shot. Tak lupa juga, perusahaan modal ventura milik bintang Hollywood, Will Smith, yang bernama Dreamers VC.

Dengan suntikan dana baru dari para investor tersebut, Dapper Labs kini dikabarkan memperoleh valuasi sebesar $2,6 miliar atau sekitar Rp37,96 triliun. Bahkan, pada akhir Februari lalu, NBA Top Shot meraup hasil penjualan mencapai $230 juta atau sekitar Rp3,36 triliun.

Hasil penjualan token NFT tersebut juga terus meningkat pada Maret ini. Menurut juru bicara Dapper Labs, total bruto NBA Top Shot pada Maret ini mencapai angka $483 juta atau sekitar Rp7,05 triliun. Jumlah bruto tersebut didapatkan dari lebih dari 802 ribu pengguna platform tersebut di seluruh dunia.

Salah satu kisah kegilaan booming-nya NBA Top Shot sempat terjadi pada Maret ini. Salah seorang kolektor NFT dikabarkan menolak tawaran $1 juta untuk NBA Top Shot yang dia miliki. Padahal, dia mendapatkan Token NFT tersebut pada Januari dengan harga hanya $100 ribu.

Itu artinya kalau dia mengambil tawaran tersebut, sebenarnya dia sudah untung sebesar $900 ribu. Namun, nyatanya, daya tarik NBA Top Shot dan prospek ke depannya mampu membuat kolektor itu menolak tawaran $1 juta itu.

NBA Top Shot sendiri merupakan salah satu NFT yang paling populer saat ini. CEO Dapper Labs, Roha Gharegozlou, menyebut rahasia kesuksesan NBA Top Shot adalah mampu menghubungkan antara penggemar dengan tim dan pemain NBA favorit mereka.

“NBA Top Shot berhasil karena memanfaatkan fandom bola basket, ini adalah cara baru dan lebih menarik bagi orang-orang untuk terhubung dengan tim dan pemain favorit mereka,” ucap Gharegozlou.

Rencananya, Dapper Labs juga akan membuat NFT untuk cabang olahraga lain menyusul kesuksesan NBA Top Shot. Pada Februari 2020 silam, Dapper Labs sebenarnya sudah menjalin kesepakatan dengan promotor seni bela diri campuran, Ultimate Fighting Championship (UFC).

Selain itu, Dapper Labs juga sempat menciptakan CryptoKitties. CryptoKitties sendiri merupakan proyek NFT pertama yang mendapat daya tarik massal di ruang kripto. CryptoKitties ini merupakan gim pengembangbiakan kucing secara digital yang menggunakan aplikasi terdesentralisasi berbasis Ethereum terbesar.

(*)



Source link