Crypto News

Apa itu Mining Pool? Kumpulan Penambang dalam Cryptocurrency


Kanalcoin.com – Kalau kamu adalah seorang trader pemula, pastinya kamu harus belajar dasar-dasar investasi Cryptocurrency. Hal ini kamu lakukan agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Pernahkah kamu mendengar istilah mining pool? Jika belum, artikel kami kali ini akan membantu kamu untuk memahaminya, mulai dari apa itu mining pool sampai cara kerjanya.

Mining Pool Adalah…

Sebelum menilik lebih jauh tentang apa itu mining pool atau kolam tambang, kamu harus mengerti dulu apa yang dimaksud dengan istilah tambang-menambang dalam dunia kripto. Sebagai contoh, kami akan menjelaskan proses menambang bitcoin.

Menambang bitcoin artinya kamu berusaha melakukan proses verifikasi transaksi untuk bitcoin-bitcoin baru. Setiap data transaksional mata uang kripto (dalam kasus ini adalah bitcoin) akan di simpan di dalam sebuah tempat yang bernama blok. Data transaksional ini harus terverifikasi terlebih dahulu sebelum blok tersebut ditambahkan ke sistem blockchain yang bersifat permanen dan tidak bisa diubah.

Kegiatan verifikasi ini dilakukan oleh seorang miner atau penambang dengan cara memecahkan masalah matematika komputasional yang kompleks didukung dengan peralatan seperti hardware, software, ruang penyimpanan digital, jaminan, dan lain-lain.

Kegiatan menambang dalam dunia kripto sangat penting untuk mempertahankan sistem (semacam buku besar) kripto tempat semua transaksi dicatat.

Seorang trader bisa menambang bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Siapa pun yang ingin mendapat keuntungan dari cryptocurrency dapat memilih untuk menjadi penambang soliter atau bergabung dengan penambang lain. Istilah di mana terdapat banyak penambang inilah yang disebut dengan kolam tambang atau mining pool.

Jadi, mining pool adalah tempat bagi segerombolan penambang. Mereka semua berkontribusi untuk sebuah tujuan yang sama, yaitu menemukan blok baru.

Setiap kali seorang penambang berhasil memverifikasi transaksi di blok baru tersebut, mereka akan mendapat insentif yang dikenal dengan block reward.

Kelebihan Mining Pool

Peluang kamu menemukan blok baru dan mendapat block reward sangatlah kecil jika kamu melakukannya sendirian. Kamu akan kesulitan menambang mata uang kripto seiring dengan popularitasnya yang semakin meroket.

Di samping itu, dibutuhkan perangkat keras yang mahal dan pasokan listrik besar untuk menjadi seorang penambang yang kompetitif. Bergabung dengan sesama penambang dalam sebuah mining pool sama saja dengan menggabungkan kekuatan komputermu dengan orang lain.

Hal ini berarti memperbesar peluangmu untuk sukses meraup reward. Reward yang kamu dapatkan akan sebanding dengan kontribusi kekuatan tambang yang kamu berikan.

Kekurangan Mining Pool

Bergabung dengan penambang lain ternyata tidak sepenuhnya menggiurkan. Memang benar bahwa proses menambang sebuah blok menjadi lebih mudah. Namun, konsekuensinya adalah profit  yang didapat akan lebih sedikit karena kamu harus berbagi dengan para penambang lain.

Kerugian yang kedua berkaitan dengan teknologi blockchain yang digunakan. Salah satu ciri khas cryptocurrency adalah transaksinya yang aman karena teknologi yang bersifat desentralisasi.

Hal ini berlawanan dengan proses kerja mining pool. Beberapa mining pool populer yang mendominasi proses penambangan bitcoin seperti AntPool, Poolin, dan F2Pool diduga melanggar protokol bitcoin yang mana membuat teknologi blockchain menjadi terpusat (sentralisasi).

Bagaimana Cara Bergabung dengan Mining Pool?

Prosesnya antara lain mendaftarkan akun dan terhubung ke salah satu server mining pool. Ketika bergabung dengan mining pool menggunakan hardware lokal, kamu harus mengkonfigurasi software kamu juga untuk bekerja sama dengan penambang lain.

Kalau kamu sudah memiliki mining rig (satu set perangkat untuk menambang mata uang kripto), Binance Pool adalah sebuah platform yang cukup baik untuk mulai menambang bitcoin dan koin SHA-256 yang berbasis algoritma. Mining rig milikmu akan otomatis beralih dari bitcoin, BCH, dan BSV untuk memaksimalkan keuntungan yang kamu dapatkan.

Kamu bisa tahu berapa keuntungan kamu dengan melihat halaman Binance Pool. Pendapatan bitcoin akan ditransfer setiap harinya ke wallet atau dompet virtual kamu.

Cara Menikmati Pembagian Reward di Mining Pool

Menemukan blok baru artinya kamu dan penambang lain dalam satu pool akan mendapatkan reward. Nantinya, reward akan dibagikan dengan mekanisme yang berbeda-beda berdasarkan share tiap penambang. Share di sini merujuk kepada seberapa besar kontribusi penambang untuk mining pool mereka.

Terdapat dua jenis share, yaitu accepted share dan rejected share. Accepted share artinya kontribusi penambang tersebut diakui berpengaruh besar terhadap proses ditemukannya blok baru. Accepted share inilah yang kemudian diapresiasi dengan reward. Rejected share adalah kebalikan dari accepted share. Kontribusi yang diberikan penambang tidak mendukung upaya ditemukannya sebuah blok.

Beberapa metode pembagian reward dalam sebuah mining pool antara lain:

Pay-per-share

Pembayaran instan yang didasarkan pada share dari setiap anggota di mining pool. Setiap anggota penambang dapat menarik pendapatan mereka kapan saja dari saldo pool terlepas dari kapan blok tersebut berhasil ditemukan.

Proportional

Penambang akan menerima reward pada titik di mana pool berhasil menemukan blok baru. Penambang akan menerima reward yang sebanding dengan share mereka.

Shared maximum pay-per-share (SMPPS)

Metode yang satu ini mirip dengan pay-per-share, tetapi pool mempunyai batas maksimum pembayaran.

Equalized shared maximum pay-per-share

Mirip dengan SMPPS, hanya saja semua anggota mendapat reward dengan jumlah yang sama.

Selain metode-metode di atas, ada beberapa metode lain seperti DGM (Double Geometric Method), RSMPPS (Recent Shared Maximum Pay-per-share), dan lain-lain.

Sebelum memutuskan untuk bergabung di sebuah mining pool, seorang penambang haruslah memperhatikan metode mana yang jadi landasan pembagian reward dan apakah ada biaya tambahan yang dikenakan untuk bergabung ke mining pool tersebut.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan kami tentang apa itu mining pool. Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk bergabung dengan penambang lain? Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kamu, ya! Selamat mencoba dan semoga sukses!

(*)



Source link